Selamat Datang Di Blog kami, Silahkan Cari Tempat Liburan Akhir Pekan Yang Anda Inginkan Di sini : tugasimk02.blogspot.com,.. ^_^ .......::::::: ==>> My Life And Adventure,..: Kawah Ijen Bondowoso

Translate

Selasa, 14 Mei 2013

Kawah Ijen Bondowoso

Gunung Ijen adalah salah satu gunung yang masih aktiv sampai sekarang yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Memiliki ketinggian 2.443m dari atas permukaan laut dan telah empat kali meletus. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. Di kawasan gunung berapi ini terdapat pertambangan belerang, dimana mengindikasikan gunung ini masih aktiv dan beraktifitas. Saat berada di kawasan kawah Ijen ini pengunjung bisa menyaksikan para penambang yang sibuk membawa tumpukan belerang di punggung mereka, menyusuri jalan yang curam.


Kawah ini merupakan pusat danau kawah terbesar di dunia yang memproduksi 36juta meter kubik belerang hydrogen klorida dengan luas sekitar 5.466hektar. Kawah ini memiliki keindahan yang luar biasa dengan danau belerang berwarna hijau toska dengan sentuhan dramatis dan elok. Danau ijen memiliki derajat keasaman nol dan memiliki kedalaman 200meter. Keasamannya yang sangat kuat dapat melarutkan pakaian dan jari manusia.
Kawah ini jika dilihat dari puncak Gunung Ijen sangat mengagumkan. Suasana menyenangkan untuk dirasakan baik pemandangan alamnya maupun suasana alam membuat para pecinta alam menjadi tertarik untuk menjelajahi Gunung Ijen ini.
Di samping sebagai tempat rekreasi yang terindah di kawasan Banyuwangi, kawasan ini juga sering dijadikan tempat berkemah yang cocok untuk anak-anak muda, pelajar ataupun mahasiswa.Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat anda temukan, seperti bunga Edelweis dan Cemara Gunung. Saat pagi hari, ketika matahari mulai menyinari kawasan ini, pemandangan yang indah dapat anda nikmati rsinar yang muncul dari balik pepohonan atau pun ketika sunset pula.

Bagi mereka yang suka petualangan, untuk mencapai Gunung Ijen ini bisa diakses dari dua arah yaitu dari utara dan selatan. Dari utara bisa ditempuh melalui Situbondo, kalau dari selatan bisa melalui Kota Banyuwangi. Jika melewati Banyuwangi, rute ini lebih sulit dilalui karena kondisi jalan yang tidak terlalu baik. Biasanya digunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen. Rute ini bisa ditempuh dari Banyuwangi menuju Kecamatan Licin, dari Licin menuju Jambu lalu ke Patulding. Dari patulding sendiri anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2km. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38km.Jika melewati Bondowoso, rute ini lebih mudah karena kondisi jalannya yang masih bagus dan relatif baik. Dapat ditempuh dari Bondowoso menuju Wonosari ke Patulding, dan tinggal berjalan kaki menuju Kawah Ijen sendiri. Jarak tempuh rutenya kurang lebih 70km.


Reff : http://www.1001wisata.com/kawah-ijen-bondowoso/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar